Sabtu, 08 Agustus 2015

Kenapa Suzuki Karimun Wagon R pakai mesin 3 Silinder?


Karimun Wagon R
yang menjadi andalan Suzuki di kelas mobil LCGC menggunakan mesin 1.000
cc 3 silinder. Timbul pertanyaan mengapa Suzuki memilih mesin dengan
format 3 silinder sementara ada pilihan 4 silinder 1.000 cc terbukti
sukses di Katana, Carry dan Karimun generasi 1? Terlebih masih ada skeptisme masyarakat terhadap konfigurasi 3 silinder yang rentan vibrasi.
Davy Tuilan, 4W Marketing Director PT
Suzuki Indomobil Sales menjelaskan benar bahwa mesin 1.000 cc 4
silinder yang ada di mobil-mobil Suzuki itu terbukti kuat dan handal.
Namun secara material ia masih menggunakan besi.

Artinya
masih terkendala bobot yang lebih berat. Padahal bobot adalah memainkan
peran penting untuk mencapai performa istimewa baik di soal akselerasi
maupun kehematan saat mobil melaju.

“Selain itu, sektor teknologinya belum mencukup untuk mencapai syarat emisi Euro II yang ditetapkan pemerintah,” tukasnya.

Sedangkan
ketakutan masyarakat tentang vibrasi mesin 3 silinder, para insinyur
Suzuki telah melakukan berbagai pengembangan agar getaran itu seminimal
mungkin.

Dan
jujur kami pun merasakan lebih banyak manfaatnya. Unit berkode K10B ini
minim vibrasi. Yang ada adalah karakter alami mesin 3 silinder yang
punya torsi besar di putaran lebih rendah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar